Bicara Apa Saja Sesukaku

4 Jenis Penyakit yang Membuat Siklus Menstruasi Kurang Lancar

Wanita pada umumnya akan datang bulan sebulan sekali selama beberapa hari. Akan tetapi ada juga wanita yang mempunyai siklus menstruasi kurang lancar. Sehingga datang bulannya biasanya datang di waktu yang berbeda pada setiap bulannya bahkan juga tidak pasti datang bulan sebulan sekali. Dimana hal tersebut bisa dikarenakan beberapa hal mulai dari karena melakukan diet ekstrim, sedang stress, mempunyai berat badan yang kurang ideal, dan juga bisa terjadi karena gejala dari beberapa penyakit tertentu. Siklus menstruasi yang tidak lancar memang bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu apabila diikuti dengan gejala lainnya. Misalnya beberapa penyakit tersebut adalah:

  1. Kanker atau kista ovarium

Jenis penyakit pertama yang mempunyai tanda siklus menstruasi tidak lancar adalah kanker atau kista ovarium. Hal ini menjadi penyebab umum mengapa orang mempunyai siklus menstruasi kurang lancar. Kanker ovarium merupakan jenis kanker yang ada dalam ovarium yang merupakan organ reproduksi yang dapat menghasilkan sel telur. Sehingga hal tersebut akan membuat terganggunya produksi sel telur. Selain terganggunya siklus menstruasi, gejala lainnya yang menandakan penyakit ini adalah rasa sakit di bagian bawah panggul yang tidak tertahankan. Selain itu juga akan mengalami rasa sakit ketika buang air kecil, mual, dan juga muntah. Sehingga apabila mempunyai gejala tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. PCOS

Penyakit lainnya yang bisa menyerang wanita dengan tanda kurang lancarnya siklus menstruasi adalah PCOS. Keadaan ini merupakan kelainan tubuh sehingga wanita tidak mempunyai keseimbangan antara hormon estrogen dan progesterone. Hal tersebut akan menyebabkan gangguan yang ada pada ovarium dan membuat kesuburan terganggu dan membuat produksi sel telur yang kurang. PCOS ini juga akan membuat wanita lebih mudah untuk mempunyai berat badan yang berlebih dan bisa dicegah dengan penanganan yang tepat.

  1. Penyakit hashimoto

Penyakit lainnya yang bisa ditandai dengan tidak lancarnya menstruasi adalah hashimoto yang mirip dengan gejala graves. Penyakit ini dapat membuat seseorang autoimun sehingga dapat menderita ketika hormon tiroid sudah terlalu banyak di dalam tubuh dan tidak bisa untuk menjalankan fungsinya. Penyakit ini pada umumnya merupakan penyakit keturunan yang dapat untuk membuat kelenjar tiroid terganggu sehingga membuat menstruasi tidak lancar.

  1. Penyakit von willebrand

Dan jenis penyakit lainnya adalah von willebrand yang membuat tubuh mengalami pendarahan. Penyakit ini disebabkan oleh tubuh yang kekurangan kandungan protein von willebran sehingga membuat penggumpalan darah. Sehingga hal tersebut akan membuat wanita mempunyai gangguan von willebrand dan menyebabkan siklus menstruasi bermasalah. Dimana siklus menstruasi bisa datang terlambat karena terjadi penggumpalan darah ataupun ketika menstruasi terjadi dalam waktu yang lama dengan pendarahan yang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Gregogery.com All Rights Reserved   

Theme Smartpress by Level9themes.