Bicara Apa Saja Sesukaku

Mengenal Sistem Operasi Gratis Untuk Komputer Selain Windows


Saat pertama kali kita membali sebuah computer, hampir sebagian besar computer yang kita beli tersebut sudah dibekali dengan sistem operasi Windows maupun MacOs. Sehingga tidak heran lagi jika kedua sistem operasi tersebut menjadi sistem yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tidak hanya itu saja, ketika kita berbicara mengenai sistem operasi, hampir pasti windows yang pertama muncul dibenak kita. Jadi kita tidak bisa membantah lagi kalau rajanya sistem operasi adalah dua produk tersebut.

Bagi orang awan, mungkin beranggapan bahwa sistem operasi windows maupun macos adalah sistem operasi gratis. Padalah sebenarnya tidak demikian. Kita bisa menginstalnya hanya untuk versi trial dan untuk mendapatkan produk secara full, pabrikan tersebut mengharuskan kita membeli lisensinya. Bagi orang Indonesia, harga lisensi terbilang cukup mahal. Kemudian bagaimana cara mengatasinya jika kita tidak memiliki uang untuk membeli uang. Nah kali ini saya akan share informasi mengenai sistem operasi gratis yang dapat anda gunakan untuk menggantikan windows maupun macos.

1). Sistem Operasi Linux

Semua orang pasti sudah tahu dengan sistem operasi open source yang satu ini. Inilah salah satu sistem operasi gratis yang disediakan pengembang untuk kita, bahkan kita bisa mengutak-atik sistem tersebut hingga memiliki tampilan sesuai keinginan kita. Linux sendiri banyak sekali jenis dan distronya. Diantarnya adalah Ubuntu, linuxmin, xubuntu dan masih banyak lagi yang lain.

2). SteamOs

Beberapa tahun yang lalu sistem operasi gratis yang satu ini masih dalam tahap perkembangan, sehingga masih memunculkan versi betanya. Secara teknis, sebenarnya sistem operasi yang satu ini termasuk ke salah satu distro linux. Bagi anda yang menyukai dunia gaming, dimasa depan steamos ini sangat cocok digunakan. Karena tujuan utama dari steamos ini adalah diposisikan sebagai sistem operasi gaming.

3). Chrome Os

Mungkin kita lebih mengenal chrome sebagai salah satu produk dari google yang fungsinya sebagai browser. Namun ternyata google juga memiliki produk berupa sistem operasi gratis yang diberikan nama Chrome OS. Sistem operasi ini dikembangkan menggunakan karnel linux, namun dengan mengganti semua software pada desktop sehingga hanya bisa menjalankan browser chrome dan aplikasi chrome saja.

Masih ada banyak lagi beberapa sistem operasi gratis yang bisa anda jadikan pengganti sistem operasi berbayar seperti windows. Namun saya hanya share 3 macam saja. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Gregogery.com All Rights Reserved   

Theme Smartpress by Level9themes.